Rabu, 01 April 2009

Internet mencerdaskan kehidupan bangsa

Sejalan dengan era globalisasi saat ini bahwa dengan adanya internet yang bisa diakses kerumah - rumah baik dengan menggunakan sarana PC, Laptop, Handphone, PDA, Ipod dan lain - lain sangat menunjang kegairahan dari siswa SD, SMP, SMA, bahkan Mahasiswa sekalipun. Oleh karena itu selain mereka (Pelajar dan Mahasiswa) bisa sambil belajar juga bisa sambil bermain game on line sehingga membuat mereka belajar itu tidak membosankan justru membuat mereka bergairah......
Apalagi bila pemerintah sebagai mana yang bertanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa bisa melengkapi literatur atau buku buku yang bersifat free download tak hayal lagi betapa cerdasnya mereka di suatu saat nanti generasi kita mendatang. Bangsa kita tak akan lagi terpuruk dengan adanya anak - anak indonesia yang pintar dan cerdas..... Kita bisa meniru Irlandia yang dulunya berperang sekarang mereka bisa mengekspor tenaga - tenaga terampil dan bisa sebagai sumber devisa negara. Itu semua karena pendidikan yang murah, apalagi di jaman saat ini era internet yang membuka jendela dunia dan kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi tentang pengetahuan.

Saat ini telah banyak sekolah ataupun universitas menyediakan internet, yang sebenarnya sangat membantu dalam memudahkan proses belajar mengajar....
Masalahnya...................?
Adakah biaya internet yang murah untuk mereka belajar dirumah?
Ini adalah PR untuk pemerintah kedepan bisakah pemerintah menyediakan internet murah kerumah - rumah untuk paket pendidikan? Atau paling tidak bersubsidi yang berupa paket pendidikan yang dengan pembatasan hanya bisa akses pada site - site yang berhubungan dengan pendidikan. Yang maksudnya adalah bahwa internet yang bersubsidi tersebut tidak di salah gunakan selain hanya yang menyangkut tentang pendidikan.

Dan Pemerintah juga menyediakan site - site yang dibiayai oleh pemerintah yang menyediakan berbagai macam literatur tentang pendidikan dan bisa di unduh secara bebas (free download) dengan hanya men- Sign Up kartu pelajar atau kartu mahasiswa.

Bayangkan berapa banyak orang yang akan belajar lebih giat lagi? Karena seperti sekarang dengan buku - buku mahal walaupun yang katanya ada dana BOS tapi faktanya dilapangan masih juga pelajar membeli buku sendiri, apalagi orang tua yang tidak mampu membelikan buku pelajaran yang untuk mengisi perut anak - anaknya sudah kurang. Saya masih heran....kemana itu dana BOS? Masih efektifkah kebijakan itu?
Bayangkan berapa banyak kesempatan untuk anak- anak indonesia menjadi pintar hilang?

Sekarang idenya adalah bahwa dana pendidikan digunakan untuk transformasi online?
Anggaran dana secara fisik pemerintah adalah kecil tapi sangat menunjang percepatan pendidikan dinegara kita.

Saya beri contoh pengalaman saya.........
Seorang yang pedagang jamu, pedagang gorengan atau pun anak putus sekolah yang hanya dengan biaya Rp 3000 mereka sudah bisa berbahasa inggris, walaupun secara teori mereka belum mapan namun itu sangat mennjkkan kemajuan....
Dari belajar bikin email sampai chating dengan orang - orang mancanegara bisa fasih berbahasa inggris. Karena ada hal yang menarik yang bikin mereka mau belajar.
Itu sebuah contoh yang sangat sederhana.
Memang dalam sebuah system pasti ada dampak negatifnya, namun jangan terpaku pada dampak itu tapi bagaimana kiat kita mengurangi dampak negatifnya dan menonjolkan dampak positifnya itu yang perlu kita pikirkan lagi.
Ya...paling tidak lebih baik satu dari pada nol sama sekali..........

Saya sangat salut juga dengan adanya internet / warnet yang baru brmunculan banyak orang bisa mencari pekerjaan dan mungkin bekerja keluar negeri tanpa bantuan pemerintah. Dengan menjamurnya warnet - warnet yang baru paling tidak meringankan beban pemerintah tentang pengangguran. Sebuah warnet bisa membuka lapangan pekerjaan dan bisa menampung menampung 3 operator dan 1 orang teknisi. Jangan takut dulu akan kemajuan jaman dengan adanya internet tapi bagaimana kita men - filterisasi.
Sama halnya dengan orang menjual pisau di kaki lima, tergantung kita bagaimana mengunakan bisau yang telah dibeli, untuk apa selanjutnya......untuk kebaikan, bisa......untuk hal yang buruk bisa...... tergantung kita pengunanya...............

Intinya adalah internet sangat menunjang dunia pendidikan nasional kita, internet mencerdaskan kehidupan bangsa, tinggal dibuat formulanya.......jelas itu adalah tugas pemerintah.........dan juga Bapak - bapak yang mulia di DPR sana.

Terimakasih

1 komentar:

  1. Hi Mr. Putu,

    Saya setuju dengan artikel tersebut di atas. Betapa pentingnya mafaat internet bagi kecerdasan masyarakat Indonesia. Andaikan semua masyarakat Indonesia bisa menggunakan Ineternet saya sebagai sarana Komonukasi paling efektif, maka semua rakyat Indonesia tidak akan di bodohin oleh siapa saja. Mari kita sama-sama mencerdaskan masyarakat Indonesia dengan memperkenalkan IT sejak dini. Mumpung belum terlambat. Mulai dari hal yang paling kecil dari diri kita, niscaya akan tumbuh menjadi besar. See me at http://top-elearning.blogspot.com

    BalasHapus